Senin, 19 Desember 2016

Logo Provinsi Jawa Barat png

Logo Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Sesuai namanya, Jawa Barat terletak paling barat Pulau Jawa, namun pada tahun 2000 daerah paling barat provinsi ini memisahkan diri menjadi Provinsi Banten. Mayoritas penduduk provinsi ini adalah Suku Sunda. Pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat terletak di Kota Bandung.
Lambang Jawa Barat secara keseluruhan adalah sebuah perisai berbentuk bulat telur dengan hiasan pita di bagian bawahnya yang berisikan motto Jawa Barat. Bentuk bulat telur pada lambang Jawa Barat berasal dari bentuk perisai sebagai penjagaan diri.

 Arti Logo
  1.  Kujang merupakan alat serba guna yang selama ini dianggap senjata khas masyarakat Sunda. Pada salah satu sisi Kujang tersebut terdapat lima buah lubang yang melambangkan lima dasar pokok Negara "Pancasila".
  2. Padi melambangkan bahan makanan pokok masyarakat Jawa Barat. Untaian padi tersebut terdiri atas 17 butir gabah yang melambangkan tanggal hari kemerdekaan RI.
  3. Kapas satu tangkai yang berada di sebelah kanan melambangkan kesuburan sandang dan delapan kuntum bunga menggambarkan bulan proklamasi RI.
  4. Gunung terdapat di bawah padi dan kapas melambangkan bahwa daerah Jawa Barat terdiri atas daerah pegunungan.
  5. Sungai dan terusan yang terdapat di bawah gunung sebelah kiri melambangkan di Jawa Barat banyak terdapat sungai dan saluran air yang sangat berguna untuk pertanian.
  6. Bendungan melambangkan kegiatan dibidang irigasi yang merupakan salah satu perhatian pokok mengingat Jawa Barat merupakan daerah agraris.
  7. Petak-petak yang terdapat di bawah gunung sebelah gunung melambangkan banyaknya persawahan dan perkebunan. Masyarakat Jawa Barat umumnya hidup mengandalkan kesuburan tanahnya yang diolah menjadi lahan pertanian (Sumber arti: jabarprov.go.id).

Logo Provinsi Jawa Barat png hitam-putih













Tidak ada komentar:

Posting Komentar